Google Web Toolkit

Pas lagi searching di google nemu nih yang baru dan menurut saya cukup unik. hehe
Kenapa unik karena Google Web Toolkit itu , dibilang bahasa pemrograman, bukan.Kalo di dibilang bahasa pemrograman, bukan? karena syntaxnya pake java. terus kalo di bilang framework? bisa juga, karena emang gak terintegrasi ama bahasa pemrograman lain, yang artinya bisa di dampingi ama php, java, asp, coldfision, rails, bahkan dengan framework java seperti spring,struts dan lainnya.
Jadi sebenernya apa itu google web toolkit ?? Google Web Toolkit merupakan sebuah framework yang merupakan framework RIA yang artinya Aplikasi Berbasis Web. jadi dengan GWT kita bisa membangun aplikasi layaknya aplikasi desktop namun berbasis Web. GWT merupakan framework yang bisa digunakan untuk menkonversi coding Java ke coding JavaScript, sehingga kita tidak perlu tau tentang javascript untuk membuat aplikasi berbasis web.

Arsitektur GWT :
GWT memiliki empat komponen utama: kompiler Java-ke-JavaScript, sebuah  "hosted" web browser, dan dua kelas java library (satu JAVA API dan satu lagi GWT API)

Fitur Google Web Toolkit:
- Open Source
- Readymade, Dinamis, reusable komponen UI
- RPC
- History manajemen Browser, debugging
- Browser yang kompatibel
- integrasi JUnit
- Internasionalisasi
- Interoperabilitas


Instalasi Google Web Toolkit

  • Instal Jawa SDK. Jika Anda tidak memiliki versi terbaru dari Java SDK diinstal, download dan install Sun Java SDK Standard Edition.
  • Download Google Web Toolkit. Download Google Web Toolkit paket untuk sistem operasi Anda di http://code.google.com/webtoolkit/download.html
  • Setalah selesai download Unzip Google Web Toolkit hasill downloadan tersebut:
    Jika anda menggunakan Windows, ekstrak file dari gwt-windows-1.3.3.zip dengan program seperti WinZip.
    Pada Mac dan Linux, Anda dapat mengekstrak paket dengan perintah seperti
    tar xvzf gwt-mac-1.3.3.tar.gz

beberapa perintah pada command line GWT:

  • applicationCreator: ini menghasilkan kerangka struktur direktori untuk aplikasi Anda.
  • projectCreator: Script ini menghasilkan kerangka proyek, serta membangun Ant file atau proyek Eclipse, sesuai dengan apa yang menentukan baris perintah.
  • i18nCreator: ini menciptakan beberapa file yang dibutuhkan untuk menggunakan didunia pesan dengan GWT. jalan pintas menggambarkan aspek aplikasi dalam bagian lain.
  • junitCreator: Script ini dapat digunakan untuk Anda mulai menggunakan JUnit dengan GWT.

Untuk menuliskan code bisa menggunakan eclipse atau netbenans dan setelah semua selesai kita bisa mulai memmbuat aplikasi dengan google web toolkit dan Jika menemukan masalah, lakukan Googling untuk menemukan solusinya. Biasanya google akan membawa Anda ke forum-forum diskusi.

semoga bermanfaat :)

1 komentar: (+add yours?)

sayurasem mengatakan...

sip gan ...mantab infonya...ijin serap ilmunya yach...

Posting Komentar